2/7/14

Juara Muda Sabudarta Indonesia Online 2014

Bertepatan dengan ulang tahun ke-3 Gramuda Sabudarta Indonesia, hari ini tepatnya tanggal 7 Februari 2014 diumumkan hasil kompetisi yang sudah dihelat sejak November 2013 lalu.

Sebelum memberikan info hasil juara pada kompetisi kali ini, kita simak dulu apa sih Gramuda Sabudarta itu?
DARI ANAK MUDA INDONESIA UNTUK ANAK MUDA INDONESIA

Di hari inilah Gramuda Sabudarta Indonesia genap di usia 3 tahun,
Dirintis sejak tahun 2011 oleh Bagus Aditya Susanto, diawali program kecil bernama Duta Wisata Indonesia Online Pageant yang diadakan tiap edisi, kemudian pada 2012 berubah nama menjadi Duta Wisata Indonesia Online dan berdirilah fanpage Duta Wisata Indonesia Online Pageant serta Ikatan Duta Wisata Indonesia Online(IDWINO). Kemudian pada pertengahan 2012 terjadi problem besar didalam IDWINO, sehingga munculah ide pada saat itu sebuah nama baru untuk membuat gebrakan baru untuk mengajak generasi muda Indonesia mencintai budaya dan wisata Indonesia dengan bentuk komunitas yang bernama "GRAMUDA SABUDARTA INDONESIA". Dengan membawa visi "Mewujudkan Muda Indonesia Yang Berbudaya, Berwawasan dan Berbudi Pekerti Luhur", Gramuda Sabudarta Indonesia hadir untuk mengajak segenap muda mudi Indonesia untuk bersama mengenal dan mencintai budaya bangsa sendiri serta bangga akan ragam dan banyaknya obyek serta atraksi wisata di negeri ini. Selain itu Gramuda Sabudarta Indonesia juga mengajak generasi muda untuk dapat memberdayakan sosial media sebagai ajang promosi budaya dan wisata daerah. 

Gramuda Sabudarta Indonesia atau GSI bukan organisasi besar yang dinaungi pemerintah atau instansi tertentu, GSI merupakan komunitas swadaya kecil yang memiliki mimpi besar untuk Indonesia. Satu pepatah cina mengatakan, untuk mencapai langkah seribu mil harus dimulai dari langkah pertama. 

Semua adalah proses, dan saat ini kita memulainya dengan langkah kecil untuk menggapai impian besar. Namun di tahun ke-3 ini, kami berharap akan banyak insan muda yang bergabung bersama kami untuk bergerak mewujudkan visi Generasi Muda Sadar Budaya dan Pariwisata Indonesia.

Bersama Muda Indonesia, Mari Kita Lestarikan Warisan Budaya & Promosikan Pariwisata Indonesia

Salam Muda Sabudarta
(Dikutip dari fanpage Gramuda Sabudarta Indonesia)
Nah itu adalah selayang pandang seputar Gramuda Sabudarta Indonesia. Berikutnya admin akan memberikan sedikit ulas singkat seputar kompetisi Muda Sabudarta Indonesia, cekidot!


Muda Sabudarta Indonesia atau lebih dikenal dengan nama Muda Sabudarta Indonesia Online merupakan satu wadah dari Gramuda Sabudarta Indonesia untuk remaja Indonesia mulai dari usia 16-22 tahun yang memiliki passion dan kesungguhan minat untuk menjadi sosok Muda yang Sadar Budaya & Pariwisata Indonesia. Muda Sabudarta Indonesia bukanlah sebuah kompetisi yang nantinya akan memperebutkan hadiah dan gelar yang besar, namun Muda Sabudarta Indonesia adalah satu wadah bagi mereka yang memiliki satu tujuan untuk melestarikan warisan budaya dan mempromosikan wisata Indonesia melalui pemberdayaan sosial media. Disini mereka dapat saling bertukar wawasan dan pengalaman masing-masing khususnya kekayaan budaya dan potensi daerah. Mereka juga diharapkan mampu menjadi pelopor untuk berbagi wawasan dan pengalaman dengan generasi muda yang lain. 

Edisi perdana Muda Sabudarta Indonesia diadakan pertama pada 2013 dengan format pasangan yang dimenangkan oleh Romi Ronaldo(Kab. 50 Kota) dan Rulyan Indah Pratiwi(Kotif. Jakarta Timur). Dan di edisi kedua tahun ini, Gramuda Sabudarta Indonesia bersama Asosiasi Duta Wisata Indonesia (ADWINDO) mencari sosok muda yang benar-benar memiliki tekad kuat dan semangat gigih untuk menjadi pelopor Muda Sabudarta.

Kompetisi di tahun 2014 ini, juri final yang telah membantu dalam melengkapi penilaian akhir diantaranya adalah :

1. Adi Pratama(Ketua Umum Adwindo 2013-2015)
2. Saza Azizah Anindyo(Duta Wisata Indonesia 2013)
3. Roy Yuzaen Pradana(Duta Wisata Indonesia 2012)
4. Riska Khoirul Atok(Putera Bahari Lingkungan Indonesia 2013)
5. Sischa Nissa' Moralita(Wakil 1 Ndhuk Kab. Tuban 2010)
6. Achmad Firman Santriyo(Member Polyglot Indonesia)

Juri pendamping(menilai, foto dan tugas peserta),
1. Teguh S Wardhana(Owner Erda Kusuma Art Batik)
2. Roy Adiputra(Muda Persahabatan 2013)
3. Wahyu Putra Praditya(Wepe Art Photography)
4. Hidayat Syarifuddin(Social Entrepreneur)

Nah, saatnya kita melihat siapa para pemenang di kompetisi pemilihan Muda Sabudarta Indonesia Online 2014. Sebelum mengumumkan pemenang utama, kita simak dulu 5 juara untuk kategori Muda Persahabatan, Muda Berwawasan, Muda Berbudaya, Muda Terfavorit dan Muda Fotogenic.

Muda Persahabatan : Adina Dewi, Bandung. Mahasiswi Kedokteran Universitas Padjajaran
Muda Berwawasan : Agung Nugroho, Kudus. Mahasiswa Psikologi Universitas Muria.
Muda Berbudaya : Yandrialiando, Solok Selatan. Mahasiswa Pendidikan Bhs. Inggris STKIP PGRI Padang
Muda Terfavorit : Meiki Yusnita Basuki, Cilacap. Siswi SMA N 1 Cilacap
Muda Fotogenic : Wahyu Dwi Santoso, Ponorogo. Mahasiswa Pend. Matematika UNMUH Ponorogo

Juara kategori utama :
Juara Umum : George Nicholas, Pontianak. Mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen UAJY
Runner-up 1 : Berdit Zanzabela, Trenggalek. Mahasiswi Teknik Informatika ITATS
Runner-up 2 : Mochammad Andria Novawan, Gresik. Siswa SMA NU 1 Gresik
Runner-up 3 : Farista Apriliani, Klaten. Mahasiswi D3 Manajemen Informatika, Telkom University

Selamat untuk para pemenang, dan saya ucapkan terima kasih untuk semuanya, orang tua, kerabat, teman/rekan, dll atas dukungan dan do'anya. 



Salam #AkuMudaSabudarta

#Lassvera (zan)



0 comments:

Post a Comment