11/7/13

DUTA KAMPUS atau Student Ambassador atau sejenisnya

Kompetisi pemilihan duta tampaknya sudah marak di berbagai sektor. Jika kita mengenal ajang bergengsi Pemilihan Putri Indonesia atau Miss Indonesia, ajang pemilihan serupa juga sudah merambah ke beberapa sektor seperti pariwisata, bisnis dan pendidikan.

Dalam dunia kampus, tampaknya acara serupa menjadi salah satu agenda penting yang dilaksanakan setiap tahun. Layaknya duta-duta lainnya, icon yang terpilih akan melakukan tugas utama yaitu promosi. Selain itu, kegiatan ini mendukung peran kampus mewujudkan citra layanan pendidikan tinggi Indonesia sebagai sistem yang mampu menghasilkan insan bermartabat, berbudaya dan berkepribadian sehingga menjadi pendorong dalam peningkatan mutu pendidikan dan kebudayaan di Indonesia guna mendorong generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi.

Berikut beberapa refleksi dari beberapa kampus yang melaksanakan kegiatan serupa.
*) Banyak cara untuk memperkenalkan kampus. Salah satunya melalui pemilihan Duta Kampus (Universitas Brawijaya, Malang) *) Tujuan pelaksanaan PEKKAM UWP 2012 dan Pemilihan Duta Kampus (Ambassador) adalah untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus, mekanisme layanan, penggunaan sarana yang tersedia serta organisasi mahasiswa yang ada. Disamping itu tujuan yang lain adalah menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab sebagai civitas akademika sebagaimana tertuang dalam Tri Darma Perguruan Tinggi (Universitas Wijaya Putra, Surabaya)   
*) Universitas Mercu Buana akan menyelenggarakan Pemilihan Putra-Putri Kampus 2010. Acara ini bertujuan untuk menghasilkan Putra-Putri Kampus UMB yang berkepribadian Indonesia, berjiwa wirausaha yang mampu menguasai teknologi informasi, mampu berbahasa Inggris, beretika serta berdaya saing tinggi seiring dengan visi dan misi Universitas Mercu Buana. Disamping memeriahkan peringatan ulang tahun UMB ke 25, acara Pemilihan Putra Putri Kampus UMB 2010 juga mendukung penyelenggaraan kompetisi yang sama, oleh Yayasan Putra Putri Kampus Indonesia (YPPKI). Berdiri pada tanggal 10 November 2008, dipimpin oleh Ibu Exacty S. Sryantoro, dengan visi meningkatkan citra layanan pendidikan tinggi, sebagai suatu sistem yang mampu menghasilkan insan bermartabat, cerdas, berkepribadian, berjati diri Indonesia, berpenampilan menarik sehingga menjadi pendorong dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia (Universitas Mercu Buana)   
*) Duta Kampus sebagai icon sekaligus mempromosikan Trisakti ke masyarakat, melalui event2 universitas, pameran pendidikan, roadshow ke sekolah-sekolah, dll baik di Jakarta maupun di luar Jakarta/Jawa (Universitas Trisakti, Jakarta) *) Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Unnes Prof Dr Masrukhi dalam sambutannya mengungkapkan, ajang Pemilihan Putra-Putri Kampus Unnes merupakan sarana yang baik untuk menempa diri. “Mereka yang mampu mewakili fakultasnya masing-masing adalah yang mempunyai kemampuan dan karakter yang patut diteladani,” kata Prof Masrukhi. Dikatakan pula, Putra-Putri Kampus Unnes haruslah mampu menjadi ikon mahasiswa Universitas Konservasi. “Di mana pun kalian berada, kumandangkan visi konservasi yang telah jadi tujuan bersama ini,” ujar Prof Masrukhi (Universitas Negeri Semarang)  
*) Mencari brand kampus untuk icon promosi kampus dan kegiatan-kegiatan kampus baik di dalam atau di luar daerah (Ines, Juara III Duta Kampus di Universitas Kanjuruhan, Malang)  
*) Bangsa yang maju didunia terbukti dengan menempatkan pendidikan sejak awal sebagai prioritas utamanya, jika berbicara pendidikan maka generasi muda adalah yang utama. Kuliah di luar negeri mungkin memiliki prestise tersendiri, tapi sebenarnya perguruan tinggi di Indonesia memiliki kualitas yang tak kalah mutunya. Malah kini banyak mahasiswa asing yang justru belajar di Tanah Air. Sebagai upaya menghimpun potensi perguruan tinggi dalam hal kegiatan ekstrakurikuler, Yayasan Putera Puteri Kampus Indonesia atau YPPKI melakukan pemberdayaan pendidikan yang mengarah kepada pengembangan mahasiswa yang salahsatu kegiatannya adalah melalui Indonesian Campus Stars 2011. Indonesian Campus Stars 2011 akan menyeleksi 7.200.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia dengan dasar penilaian brain,behaviour,character,beauty,dan kompetensi (http://www.indonesiacampusstar.com)

Tulisan ini dibuat berdasarkan curahan hati penulis yang telah menyelesaikan proposal mengenai kegiatan di atas untuk kampusnya. Setelah berkonsultasi dengan beberapa pihak kampus, mereka cukup welcome dan menunggu progress proposal, namun setelah diselesaikan dalam jangka waktu 2 minggu (yang juga berbagi waktu dengan tugas, kuis, dsb) ternyata setelah diselesaikan dan diserahkan, proposalnya kena PHP (Pemberi Harapan Palsu) wkwkwk... Ya, senyum dalam tangis J

Pelopor ide untuk event seperti ini sudah memiliki pengalaman dengan kegiatan serupa, jadi ketika menyusun proposal mulai dari konsep pemilihan, apa saja persiapan, dan lain-lain tidak terlalu kesulitan. Gambaran kegiatannya sama dengan beberapa pemilihan duta-duta lainnya, mulai pendaftaran, technical meeting, karantina dan grand  final. Untuk materi-materi yang diajarkan disesuaikan dengan background acara pemilihannya, kalau yang di atas backgroundnya pendidikan (dalam lingkup mahasiswa/kampus).

Bagi yang berminat menyelenggarakan kegiatan serupa, pengen curhat atau meminta contoh proposal, bisa via e-mail zanzabela@yahoo.com atau Line: zanzabela J
Mohon untuk mencantumkan nama lengkap dan asal perguruan tinggi ya. Yang tidak mencantumkan nama dan asal perguruan tinggi saya anggap iseng saja dan saya berhak mengabaikan email tersebut.

Yuk gabung di media komunikasi Duta Kampus se-Indonesia, follow instagram: dutakampus | FB : Duta Kampus atau klik blog Duta Kampus Indonesia | Grup Line (di bio instagram).

Follow me on IG : zanza_bela | #Lassvera

13 comments:

Anonymous said...

salam kenal sebelumnya.
saya wahyu dari STMIK MDP Palembang. saya tertarik dengan tulisan anda diatas. kebetulan kampus kami akan mengadakan pemilihan putra putri kampus tahun depan (2014). apakah saya boleh tau caranya untuk melaksanakan acara tersebut, apa saja yang harus dipersiapkan, bagaimana dengan penilaiannya,
ini alamat email saya wahyue79@gmail.com.
sebelumnya saya ucapkan terima kasih

salam,

wahyu

Zanzabela said...

Terima kasih atas kunjungannya di blog saya :) Saya cukup senang,
saya sudah kirimkan via email ya...

*Salam sukses :)

Anonymous said...

Menarik kalau event ini dilaksanakan serentak secara Nasional... Semoga suatu saat bisa terwujud ya min,
*semangat

Anonymous said...

salam kenal..
wah keren nih, boleh nih untuk di adakan dikampus kami..
mohon pencerahan untuk mengadakan event ini, ini email saya sarjono_tkj@yahoo.co.id
terimakasih sebelumnya :)

monica julya hidayad said...

Assalammualaiu..
Saya Monica, ingin mengadakan Ajang Duta Mahasiswa Kampus bebas narkoba dan Satgas kampus bebas narkoba
mohn informasinya donk, ini email saya monicajulya.julya@gmail.com...terima kasihh

Zanzabela said...

Wa'alaikumsalam....
Salam kenal Monica, maaf baru buka commentnya.
Ditunggu e-mailnya ya :)

Anonymous said...

saya tertarik mengadakan hal serupa difakultas saya duta psikologi universitas muhammadiyah malang, boleh tau bagaimana konsep acaranya agar menarik mengingat ini pertama kalinya diadakan dikampus saya.terimakasih :) email saya wilda_kumala@yahoo.co.id
salam kenal, wilda

Zanzabela said...

Hallo Wilda, terima kasih sudah berkunjung di blog saya.
Sudah saya e-mail ya :)
Semoga membantu.
Ditunggu kabar baiknya...
Trims.

fiadarojatur@gmail.com said...

saya baru saja membaca blog mba wida, dalam waktu dekat ini kampus saya juga akan mengadakan mas mba di kampus. dan saya terpilih jadi ketua panitianya. saya ingin tanya - tanya tentang konsep pemilihan dan penilaianya seperti apa tolong kirim ke email saya. terimakasih
alamat emailnya : fia.efh@gmail.com

fiadarojatur@gmail.com said...

maaf maksud saya mb zanzabela, saya inigin tanya - tanya tentang konsep pemilihan dan penilain ya itu seperti apa. :)

Zanzabela said...

Terima kasih fia fhinzy sudah berkunjung di blog saya. Sudah saya email ya :)

mez blog said...

assalam teh, bs mnta bntuannya bagaimana bt pembentukan duta kampusn tupoksinya
syukran :)

Zanzabela said...

Muhammad Zain : Wa'alaikumsalam. bisa langsung email ke saya zanzabela@yahoo.com :)

Post a Comment