8/31/14

Festival Jaranan Kab. Trenggalek

Dalam rangka memperingati HUT RI dan juga Hari Jadi Kabupaten Trenggalek, salah satu kegiatan wajib tahunan yang diselenggarakan adalah Festival Jaranan.

Tahukah Anda?
MINIMAL ADA 4 UNSUR YANG DINILAI DALAM FESTIVAL JARANGAN TURONGGO YAKSO? 
Apa saja min?
ADA WIRAGA, WIRASA, WIRAMA DAN HARMONISASI

"FESTIVAL JARANAN TRENGGALEK KE-19" atau Masyarakat Trenggalek lebih akrab dengan menyebut "FESTIVAL TARI JARANAN TURONGGO YAKSO", kesenian Khas Trenggalek yang dihadiri ribuan penonton, baru saja berakhir baik Tingkat Umum maupun Tingkat Sekolah dan tentu saja sudah menghasilkan jawara-jawara baru dari beberapa kategori.
Festival Jaranan Turangga Yakso pada tahun 2014 ini diikuti oleh sebanyak 30 peserta group kesenian tingkat umum yakni dari Kabupaten Trenggalek 27 grup kesenian dan dari luar kabupaten ada 4 group yaitu Solo 1 Grup, Ponorogo 1 Grup dan Tulungagung 2 Grup. Sedangkan yang tingkat sekolah diikuti sebanyak 19 grup kesenian yakni tingkat SD 11 grup, tingkat SMP 1 grup dan tingkat SMA 7 grup. Festival ini juga akan mengambil 14 pemenang terbaik yakni 5 penyaji terbaik dari kesenian turangga yakso, 5 penyaji terbaik Non Turangga Yaksa, 1 penata tari terbaik dari kesenian turangga yakso , 1 penata tari Non Turangga Yaksa, 1 penata iringan terbaik dari kesenian turangga yakso dan 1 penata iringan terbaik Non Turangga Yaksa.
Mari kita pahami bersama penjelasan ke-4 unsur yang dinilai tersebut diatas yaitu antara : WIRAGA, WIRASA, WIRAMA dan HARMONISASI.
1. WIRAGA (baca Wirogo) : adalah suatu penampilan yang menggambarkan adanya keselarasan perpaduan dari berbagai hakikat unsur gerakan yang mencerminkan kualitas peraga sesuai dengan perannya.
2. WIRASA (baca Wiroso) : adalah keselarasan antara action dan peran yang menggambarkan jati diri dan karakteristik perwatakan dari peran yang ditampilkan, tersirat dalam kemasan padu dan irama tertentu sebagai perwujudan dari nilai estetika yang sakral. Unsur-unsurnya adalah tegas, berwibawa, angker, dll.
3. WIRAMA (baca Wiromo) : adalah kebersamaan dan keterpaduan dari berbagai unsur tari dan nilai-nilai seni (karawitan), meskipun dalam gerak irama yang tidak bersamaan, namun menyajikan kemasan yang apik dan indah.
4. KREATIFITAS GARAP PENYAJIAN/HARMONISASI : adalah keselarasan dan keserasian hubungan hakikat dari unsur Wiraga, Wirasa dan Wirama sebagai wujud gagasan seni yang tersaji dalam kemasan yang mempesona.
Ke-4 unsur ini harus padu-padan biar menghasilkan penampilan atau suguhan Tari Turonggo Yakso yang baik dan enak dilihat/dinikmati para penontonnya. Kebanyakan kita masyarakat umum hanya mampun menilai dari satu unsur saja yaitu WIRAGA (baca Wirogo) saat menonton penampilan suatu group jaranan.
Mudah-mudahan tulisan ini bisa memambah luas wawasan, pandangan serta kecintaan kita terhadap Kesenian Daerah Tercinta "JARANAN TURONGO YAKSO". Aamiin

0 comments:

Post a Comment