6/9/15

Pemilihan Model Griya Jawa 2015

Terjun di dunia modelling memang bukan cita-cita yang tertulis di kertas impian saya. Ketertarikanku dengan dunia ini berawal dari pemilihan duta yang pernah saya ikuti. Awalnya, passion saya bukan catwalk, saya lebih suka menjadi seorang public speaker. Melalui pemilihan duta keterampilan berbicara saya di depan umum mulai diasah. Menjadi seorang duta memang dituntut untuk memiliki keahlian public speaking yang mumpuni karena kami harus mampu untuk mempromosikan atau melakukan sosialisasi terkait bidang kami sebagai seorang duta.

Di suatu acara, kami para duta mendapatkan sponsor baju dan baju itu harus diperagakan bak peragawati. Saya yang tidak memiliki keahlian berjalan di atas panggung merasa minder untuk memperagakan baju itu. Namun saya tidak ingin mengecewakan teman-teman dan sponsor, jadi saya belajar kilat dari rekan saya yang sudah terbiasa dengan catwalk. Setelah acara itu saya mulai berpikir untuk belajar catwalk, akhirnya saya mengambil kursus di salah satu tempat di Surabaya.

Saat mengambil kursus pun saya juga imbangi dengan mengikuti lomba, ibarat kuliah ada kuliah di kelas dan kerja praktek, kalau ini lomba adalah kerja praktek saya. Hehehe… Bermodal basic catwalk saya nekat mengikuti banyak lomba, dan hasilnya sudah bisa ditebak belum pernah menang sekalipun dalam kompetisi model. Hehehe… Kata mama, yang namanya berjuang perlu berulang-ulang gagal untuk akhirnya menang. Dan sampai saat ini pun saya terus mengasah kemampuan catwalk saya dengan mengikuti berbagai kompetisi. Di setiap kompetisi saya mengamati cara jalan, pose dan ekspresi wajah peserta lain untuk saya jadikan bahan belajar, jadi pulang dari kompetisi selalu ada bahan latihan baru. Ibarat kuliah, ilmu tidak hanya cukup didapat di dalam kelas tetapi juga harus dikembangkan melalui praktek dan pengalaman.

Sampai akhirnya 7 Juni 2015 saya mendapatkan piala pertama saya di dunia model, ya meskipun juara harapan kedua sih. Tapi ini progress baru bagi saya.

Bagi saya, kompetisi kali ini seperti passion lama bersemi kembali, karena tidak jauh dari passion awal saya yaitu bergelut dengan public speaking ala pemilihan duta. Event ini diadakan oleh Griya Jawa dengan 2 kategori yaitu kategori anak dan kategori remaja. Saya mengikuti kategori remaja dengan tema dresscode Batik Pesta. Karena passion sejati saya juga di bidang kebudayaan, saya tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mengenakan batik khas daerah saya yaitu batik Trenggalek.

Dan tidak diduga, dewan juri menyukai gaun yang saya kenakan karena motif batik dan desain gaun yang cukup fashionable. Ketika sesi tanya jawab dewan juri menanyakan mengenai motif batik dan desain gaun batik yang saya kenakan saat itu. Karena sudah cukup menguasai materi, Alhamdulillah saya cukup berhasil menjawab pertanyaan dewan juri sekaligus mempromosikan batik khas Trenggalek. 


Rasanya ada kebanggan dan kepuasan lebih ketika kita tidak hanya sekedar berkompetisi untuk diri sendiri, tapi juga berkontribusi untuk daerah. Batik Indonesia.



Dokumentasi saat lomba :
Make up & Hijab by Me

Foto bersama Juara 1 Model Griya Jawa 2015

Foto bersama Juara III Model Griya Jawa 2015

Para Pemenang Pemilihan Model Griya Jawa 2015

Gaun Pesta Batik Trenggalek

Gaun Pesta Batik Trenggalek

0 comments:

Post a Comment