7/18/20

Persiapan Virtual Fashion Show

Selama pandemi, produktivitas dirasa menurun di berbagai sektor kehidupan. Tidak hanya berimbas pada kesehatan, tetapi juga pendidikan, ekonomi hingga industri kreatif. Virtual Fashion Show hadir dengan harapan dapat menjadi sarana berjejaring (connect), menciptakan  (create) ekosistem kreatif yang bagus dan saling berkolaborasi antar pelaku insan kreatif di dunia fashion (collaborate).

Awalnya bermula dari curhatan teman, bagaimana membuat sarana promosi sebagai pengganti event pameran atau bazar yang biasanya sering pelaku industri fashion atau pelaku umkm ikuti di berbagai tempat. Karena selama pandemi, marak kegiatan diselenggaran secara virtual, maka tak ada salahnya jika mengadakan Virtual Show di bidang fashion. Meski masih dilaksanakan secara off air, namun kami cukup terharu dengan antusiasme para komunitas, pelaku ekraf, UMKM lokal, fashion enthusiast di Trenggalek yang ikut menyukseskan acara.

Termasuk para talent atau model yang mendaftarkan diri di online casting #AlabelaModelSearch. Hari ini (18/7) menjadi hari terakhir pendaftaran untuk para talent. Bagi yang lolos dan terpilih akan diumumkan melalui instagram @alabela.id dan @maestria.id serta wajib menyiapkan beberapa perlengkapan berikut.
  • Heels warna netral, no blink minimal 7 cm (no wedges), pantovel & sepatu casual hitam (cowok)
  • Model hijab : peniti, jarum pentul, manset, legging warna hitam/nude, inner ninja warna kulit/nude/coklat muda, hijab (hitam, coklat muda)
  • Model cewek tidak hijab & cowok : legging, kaos lengan pendek, tanktop warna hitam
  • Model cowok : kaos hitam lengan pendek, celana jeans dark blue
  • Aksesoris (kalung, topi, tas, dll jika ada)
  • Softlense (bagi yang terbiasa pakai)
  • Cat kuku warna merah dan nude (jika ada)
  • Perlengkapan sesuai protokol kesehatan
  • Peralatan touch up, deodorant dan parfum
  • Minyak rambut/pomade untuk talent cowok

Perlengkapan tambahan :
  • Yang memakai wardrobe Emath : membawa celana hitam, cream, putih
  • Yang memakai wardrobe Novita : hijab kuning gold

Selain perlengkapan tersebut. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh talent adalah peraturan berikut :
  1. Wajib follow akun @alabela.id @maestria.id dan semua akun partnership
  2. Wajib tepat waktu dalam rangkaian kegiatan Virtual Fashion Show. Jika terlambat datang dari jadwal, terutama untuk keperluan rias, model dipersilahkan untuk make up secara mandiri.
  3. Mengenakan : masker, faceshield kacamata (bukan karet lingkar kepala), membawa handsanitizer spray (bukan gel, bukan non spray), membawa tissu basah dan kering. Jika model tidak membawa salah satu perlengkapan protokol kesehatan, dengan sangat menyesal kami tidak bisa mengijinkan model untuk mengikuti virtual fashion show.
  4. Membawa perlengkapan yang diarahkan oleh panitia (terlampir di atas)
  5. Tidak mengoperasikan gadget/handphone selama kegiatan virtual show. Gadget/handphone diberi nama dan dikumpulkan ke panitia Riya (PIC talent) saat tiba di lokasi dan hanya bisa diambil untuk keperluan mengunggah foto makanan sponsor dan saat acara sudah selesai.
  6. Bertanggung jawab terhadap wardrobe yang dipakai (menjaga kebersihan busana dan tidak ditusuk peniti atau jarum yang membuat serat kain berlubang)
  7. Tidak makan atau minum yang mengakibatkan wardrobe kotor/kena bercak noda. Jika demikian, model wajib bertanggung jawab dengan mencuci (apabila noda bisa hilang dan bahan kain tidak rusak ketika dicuci sendiri) atau mengganti sesuai harga wardrobe tersebut.
  8. Tidak berkeringat berlebih sehingga mengakibatkan busana sponsor bau atau timbul bercak noda. Model wajib memakai manset/kaos sebagai dalaman agar keringat tidak langsung mengenai busana sponsor.
  9. Talent wajib mengunggah foto makanan yang diberikan sponsor di instagram (story dan feed) masing-masing dan tag ke akun instagram @alabela.id, @maestria.id dan akun sponsor (@dapur_maharanii, @tumbas_salad, atau @nisa_dallton sesuai makanan yang diterima)
  10. Seluruh model bisa mendapatkan soft file hasil photoshoot (yang sudah diedit) dengan mengirimkan bukti upload makanan sponsor di instagram masing-masing dan bukti follow akun instagram partnership ke PIC atas nama Riya.
  11. Seluruh model yang mengunggah hasil foto kegiatan Virtual Fashion Show, wajib untuk tag/mention @alabela.id @maestria.id dan seluruh partnership.
Himbauan untuk para talent/model yang akan berpartisipasi dalam Virtual Fashion Show tanggal 29 Juli 2020. Mohon untuk sekurang-kurangnya H-5 menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi pada makanan yang berpotensi memicu sebum aktif atau pemicu stress hormon sehingga rawan berjerawat, seperti :

  • Kacang tanah dan makanan olahan bahan sejenis
  • Telur terutama bagian kuning telur
  • Makanan terlalu pedas (mie setan, ceker gobyos, dan sejenisnya)
  • Keju (mozarella, cedar, dll) dan segala olahan makanan yang bertoping keju
  • Minuman yang mengandung soda dan minuman bubble drink/sejenisnya

Selain itu bagi para talent yang melakukan treatment di dokter kecantikan, memakai skin care atau produk perawatan kulit 'garis keras' seperti treatment yang memiliki down time (pemulihan) lama, atau pemakaian produk pemutih atau cream malam yang rentan menimbulkan pengelupasan pada kulit wajah, mohon H-7 atau H-5 sebelum acara dihentikan sementara waktu. Jika tidak, kondisi wajah yang mengelupas tersebut akan berpotensi menyebabkan foundation atau make up tidak menempel sehingga hasil rias para MuA kurang maksimal di wajah model tersebut. Mohon pengertiannya ya teman-teman talent.

Terima kasih.

Jika ada pertanyaan, bisa WA ke nomor 085233666976.
Semangat untuk semua tim. Jaga kesehatan ya.

0 comments:

Post a Comment