6/7/13

"Duta Wisata menjadi motor penggerak masyarakat sadar wisata dengan Sapta Pesona Pariwisata..."

Paguyuban bersama Ibu Puji, manajer Carribean Waterpark Trenggalek
Pemilihan duta wisata adalah sebuah acara tahunan yang bergengsi dan ditunggu-tunggu oleh para generasi muda khususnya. Pemilihan dan penganugerahan Duta Wisata ini diikuti oleh generasi muda yang memiliki perhatian dan kemauan dalam bidang kepariwisataan.

Apa tujuan diadakan kompetisi Pemilihan Duta Wisata?
Tujuan dari kompetisi ini  adalah untuk menarik minat remaja khususnya untuk peduli terhadap daerahnya, khususnya peduli terhadap potensi wisata yang ada di daerahnya. Selain itu, kompetisi ini bisa untuk mengasah intelektual sekaligus media promosi pariwisata.

Nah, Kabupaten Trenggalek sendiri merupakan salah satu daerah yang berpotensi di sektor pariwisata. Dengan prinsip Sapta Pesona, yaitu Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah dan Kenangan, pariwisata di Kab. Trenggalek memiliki eksotika pariwisata yang tak kalah menarik dengan pariwisata di daerah lain.


Duta Wisata bukan suatu prestis yang hanya sekedar nama belaka, melalui kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan insan pemuda/pemudi yang berkualitas, berprestasi dan berpotensi dan menjadi icon Trenggalek yang sadar wisata.

Duta Wisata menjadi motor penggerak masyarakat sadar wisata dengan Sapta Pesona Pariwisata (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan) yang bertugas mempromosikan wisata di Trenggalek sehingga mampu menarik wisatawan berkunjung ke Trenggalek. Namun, jangan lewatkan siapa penggerak pariwisata sesungguhnya! Pariwisata adalah bisnis majemuk dan gotong royong, bagaimana tidak? Banyak sektor usaha dari masyarakat yang terlibat dalam bisnis ini. Mulai dari wisatawan yang datang dari bandara, terminal bus, stasiun sampai pelabuhan. Perjalanan menuju penginapan yang melibatkan sektor transportasi seperti taksi atau kendaraan umum lain. Setibanya di penginapan, menuju ke lokasi wisata hingga pulang kembali ke daerah asal tentu saja membawa oleh - oleh atau jajanan khas dari lokasi yang baru saja dikunjungi, tentunya sektor badan usaha makanan khas daerah juga terlibat dan masih banyak sektor lainnya yang terlibat. Tentu saja masyarakat sendiri adalah penggerak pariwisata yang sesungguhnya. 

Pariwisata tidak sekedar menjadi obyek yang memiliki magnet para wisatawan lokal atau interlokal untuk datang berkunjung, tetapi juga mengenai pemberdayaan masyarakat sekitar di sekitar lokasi wisata untuk sadar wisata dan ikut berpartisi aktif. Jika ini berjalan selaras, obyek wisata tidak sekedar ramai pengunjung tetapi juga bisa menopang perekonomian dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. (zan)


*******

Untuk pemuda - pemudi Trenggalek, tunjukkan kalian juga bisa. Jadilah Pemuda Pemudi Trenggalek yang Berprestasi dan Membanggakan di Kota Kripik Tempe. Jadilah Raja di tanahmu sendiri, sebelum menjadi Raja di tanah orang lain!

Mari bergabung bersama Kami, ikuti pemilihan Duta Wisata Kakang Mbakyu Trenggalek 2013. Tunggu informasi selanjutnya! Ikuti update info dari Kami.
Siapkan dirimu menjadi salah satu pemuda/pemudi Trenggalek yang berprestasi dan berpotensi.

Salam, ADA BISA LUAR BIASA!

Dokumentasi : Kraton Art Photograph
Lokasi : Carribean Waterpark
Model : Paguyuban Kakang Mbakyu Trenggalek

1 comments:

Unknown said...

Salam Duta Pariwisata Trenggalek ...

Post a Comment