1/14/20

SATUSFEST TRENGGALEK 2020

Logo Satusfest 2020 Trenggalek

Kemarin saya mengunggah logo ini di akun instagram saya. Secara tidak terduga, ternyata banyak pesan masuk yang menanyakan hal-hal berkaitan dengan Satusfest, seperti pertanyaan Mbak ini acara apa ya?", "Kapan ini mbak?", "Kalender eventnya bisa diintip dimana?", lan sapanunggalane. Akhirnya saya putuskan menulis di lapak ini, supaya tidak terlalu berbusa menjelaskan dan ngetik panjang jika sewaktu-waktu masih ada yang mengajukan pertanyaan serupa.

Filosofi logo Satusfest 2020
Sebelum membahas lebih jauh mengenai Satusfest, saya ingin reshare tentang makna dan filosofi logo tersebut (sumber: instagram Satusfest 2020). Tentu logo warna warni tersebut dibuat bukan tanpa makna atau tanpa alasan. Ada misi untuk menyampaikan semangat dan value dibalik simbol tersebut.

Merayakan yang dibanggakan. Satusfest adalah bentuk kebanggaan dan kecintaan terhadap Kabupaten Trenggalek. Setiap event-nya menjadi wujud pemersatu masyarakat lokal untuk mengingat apa yang mereka miliki, merawat dan diwariskan, merayakan yang menjadi kebanggaan mereka.

Satusfest juga menjadi ajang untuk mengimplementasikan semangat pariwisata dan e-Goverment sebagai fokus tema pembangunan Kabupaten Trenggalek tahun 2020.

Logo tersebut terdiri dari logomark yang berbentuk angka 100 untuk identifikasi angkat dalam bahasa Jawa yaitu "satus" yang artinya seratus. Kemudian logotype yang bertuliskan "Satusfest Trenggalek 2020 100 Events 1 Year" berfungsi menerangkan nama festival.

Sedangkan aspek material logo tersebut meliputi elemen-elemen yang menjadi ikon kebanggan Trenggalek, sekaligus ikon event yang selama ini sudah pernah dihelat.




Aspek material logo Satusfest
Jika dilihat lebih mendetail, terdapat ikon turangga yaksa, tugu garuda, pendopo, gate van dilem, paralayang, stand up padle, penyu kili-kili, bunga cengkih, manggis, durian, dan lain-lain. Ikon-ikon ini menjadi representasi sumber daya alam atau daya tarik yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Berlanjut soal warna logo. 4 warna ini dipilih bukan karena warna favorit penciptanya. Hehehe... warna merah, orange, hijau dan biru  diambil berdasar referensi SDA dan SDM di Trenggalek.



Apa yang ingin disampaikan melalui warna-warna tersebut?

Warna merah bermakna pada cinta dan kasih sayang, kehangatan pada sesama. Sedangkan warna orange mengacu pada semangat masyarakat Trenggalek. Untuk warna biru cenderung pada sumberdaya alam yaitu laut Trenggalek yang luas dan indah. Dan warna hijau sendiri merepresentasikan vegetasi yang subur di dataran Trenggalek.

Untuk informasi warna grafis logo Satusfest 2020, sebagai berikut :
Merah | R: 255 G: 4 B: 46 C: 0 M: 100 Y: 99 K: 0 #FF042E
Orange | R: 255 G: 102 B: 0 C: 0 M: 77 Y: 100 K: 0 #FF6600
Biru | R: 0 G: 51 B: 153 C: 100 M: 89 Y: 12 K: 10 #003399
Hijau | R: 0 G: 102 B: 51 C: 98 M: 35 Y: 100 K: 32 #006633

Tahun-tahun sebelumnya, Kab. Trenggalek juga memiliki puluhan bahkan ratusan festival. Namun di tahun 2020 ini ada 100 festival yang sudah disusun untuk direalisasikan. Melalui tajuk SATUSFEST ini harapannya dapat menjadi satu identitas nama festival selama tahun 2020 dan semakin menarik antusiasme masyarakat.

Kalau menurut penilaian pribadi, tajuk Satusfest 2020 ini seperti upaya branding pemkab dalam rangkaian semarak kegiatan penunjang pariwisata selama tahun 2020 ini. Masih agak speechless sih, 100 itu bukan angka kecil. Hehehe... Semoga terlaksana dan memberikan imbas positif untuk masyarakat Trenggalek.

"Kapan mbak acaranya?"
Ya sepanjang tahun 2020. Mulai bulan Januari sampai Desember 2020. Hehehe...

Nah, untuk teman-teman sebangsa dan setanah air yang ingin mengetahui jadwal kegiatan Satusfest selama tahun 2020 beserta PIC masing-masing kegiatan, silahkan unduh di sini. Sedangkan di bawah ini versi official CoE yang diunggah oleh Tim Kreatif Satusfest.


SATUSFEST Calender of Event

Kalian juga bisa mengikuti semua update informasi dari akun resmi Satusfest 2020 melalui instagram @satusfest.trenggalek2020.

Happy Satus Fest 2020.
Trenggalek Meroket!

(Salam/Zan)

0 comments:

Post a Comment