3/22/20

Suasana Audisi Miss Indonesia

Halo pembaca budiman. Jika kalian berencana mengikuti audisi kontes kecantikan dan mencari referensi apa saja kegiatan saat audisi, maka selamat karena kalian mendarat di blog yang tepat.

Kegiatan rangkaian audisi kontes kecantikan, biasanya apa saja ya?

Jika kalian mencari informasi untuk kontes secara umum, bisa baca artikel "Tips Mengikuti Audisi", khusus di tulisan kali ini akan secara spesifik membahas tahapan-tahapan audisi kontes Miss Indonesia 2020 di Kota Surabaya.

Pertama, peserta diharuskan untuk registrasi ulang dengan membawa kelengkapan administrasi/berkas saat datang ke lokasi audisi. Untuk berkas apa saja yang harus disiapkan, kalian bisa cek di media sosial atau situs resmi Miss Indonesia ya.

Kedua, peserta yang telah mengisi daftar hadir saat proses registrasi ulang, akan dipanggil secara bergantian untuk mengikuti tes tulis. Biasanya tes tulis meliputi wawasan umum dan isu/berita terkini.

Ruangan interview audisi Miss Indonesia (Surabaya)
Ketiga, tahap berikutnya adalah sesi interview. Ketika memasuki ruangan, peserta diarahkan untuk memakai clip on dan duduk di kursi yang telah disediakan. Kemudian peserta diminta untuk menghadap kamera dan memperkenalkan diri (dalam bahasa inggris) meliputi nama, usia, asal, TB, BB, asal keluarga ayah, asal keluarga ibu, asal keluarga kakek-nenek dari keluarga ibu, asal keluarga kakek-nenek dari keluarga ayah.


Keempat, bagi peserta yang dinyatakan lolos dari tahap interview maka masih akan melanjutkan ke tahap berikutnya. Yaitu make over, pengambilan foto dan video profil.

Sesi make over peserta
Untuk sesi make over, kalian akan dirias oleh tim sponsor dan mengenakan wardrobe yang sudah disiapkan oleh tim RCTI. Setelah itu kalian akan diambil foto oleh fotografer yang sudah standby disana. Biasanya akan diambil foto close up dan full badan. Usahakan kalian sudah mengenali angle kalian di kamera dan siapkan pose terbaik.

Sesi photoshoot
Setelah sesi foto selesai, berikutnya adalah sesi pengambilan video. Sebelum mulai take, peserta akan mendapatkan briefing dari panitia mengenai blocking dan titik-titik dimana peserta harus pose di depan kamera. Saat pengambilan video, peserta tidak diminta untuk memperkenalkan diri lagi, tetapi diminta untuk berjalan catwalk menghadap ke kamera. Jangan lupa untuk menikmati musiknya ya, supaya rileks dan ekspresinya tidak kaku (selengkapnya bisa dilihat di video bawah).

Pengambilan video
Kalian bisa menyaksikan video ini sampai selesai (lebih baik pakai headset ya agar suaranya lebih jelas). Kalau hanya diketik berupa tulisan, sepertinya kurang jelas menggambarkan masing-masing tahapan ya. Melalui video ini semoga sedikit memberi referensi dan mengobati rasa penasaran kalian akan rangkaian audisi Miss Indonesia 2020 (edisi Kota Surabaya).

Video audisi Miss Indonesia 2020 (Kota Surabaya)

Bisa sedikit dibayangkan ya, kalian jadi salah satu peerta disana dan di tengah-tengah dewan juri, menjawab pertanyaan dengan puluhan mata dan kamera memandang. Wew... kayaknya serem ya. Hehehe.. jangan cepat menyimpulkan sebelum nonton habis videonya.

Tapi pertanyaannya bukan seperti ujian SBMPTN atau UN kok. Lebih mengenai diri sendiri, bakat, pengalaman, opini mengenai isu-isu tertentu dan wawasan umum.

Tapi memang, semudah apapun jenis pertanyaannya, kalau kurang pandai memanajemen grogi, tidak kontrol emosi, bisa blank dan pertanyaan semudah apapun justru tidak bisa dijawab dengan baik.

Baru ngeh waktu ngedit videonya.
Carla Yules (yang akhirnya jadi pemenang Miss Indonesia 2020) ternyata in frame di video ini (interview berbaju merah, video profil baju merah muda).

Gimana pendapat kalian? Nggak salah ya kalau juri akhirnya ngelolosin si humble Carla Yules ini.

Ada yang mau sharing atau curhat soal pengalamannya di dunia beauty pageants?

Coret-coret di kolom komentar atau jangan sungkan untuk e-mail ke zanzabela@yahoo.com :)

Baca juga : Tips Mengikuti Audisi

(Adm/Zan)

0 comments:

Post a Comment