4/14/14

ESAI : Peran Organisasi Kepemudaan sebagai Wadah Pemberdayaan Mahasiswa menjadi Generasi Emas Penerus Pemimpin Bangsa

Makalah ini yang mengantarkan perwakilan putri dari Kabupaten Trenggalek masuk ke-19 besar di Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Jatim 2014. Alhamdulillah :) (selengkapnya di sini

****
Mahasiswa sebagai elemen pemuda memiliki peran penting sebagai bibit-bibit muda yang akan meneruskan perjalanan panjang bangsa. Sesuai catatan sejarah, posisi pemuda sebagai aktor perubahan sosial sudah terbukti dengan adanya Sumpah Pemuda yang akhirnya mempersatukan rakyat untuk melawan penjajah, hingga lahirnya reformasi. Mahasiswa yang notabenenya adalah pemuda bukan sekedar berusia muda, tetapi asset bangsa yang memang dipersiapkan untuk menjadi ahli waris estafet perjuangan bangsa.
Mahasiswa adalah sebutan akademis bagi murid atau pelajar yang tingkat pendidikannya adalah perguruan tinggi. Secara umum, mahasiswa menyandang tiga fungsi strategis yaitu sebagai penyampai kebenaran (agent of social control), sebagai agen perubahan (agent of change) dan sebagai generasi penerus masa depan (iron stock).
Organisasi kepemudaan adalah wadah yang terdiri dari sekumpulan orang dalam kategori muda yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi kepemudaan dibentuk oleh pemuda dan berfungsi untuk mendukung kepentingan nasional, memberdayakan potensi, serta mengembangkan kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan. Guna mendukung peran tersebut, adanya organisasi kepemudaan dapat turut serta menyiapkan generasi muda sebagai generasi emas penerus pemimpin bangsa. Yang tentu saja memerlukan, peran serta dan sinergi antara pemerintah dan masyarakat.
Selain menjadi tempat bercengkerama serta mengasah kemampuan berinteraksi, organisasi kepemudaan juga merupakan salah satu wahana untuk menciptakan kaderisasi pemimpin bangsa yang akan melanjutkan kepemimpinan bangsa kedepannya. Kaderisasi kepemimpinan dilaksanakan dalam upaya menciptakan pemimpin yang mampu memajukan bangsa dan negara. Dengan adanya organisasi kepemudaan, maka segala potensi yang dimiliki pemuda akan dikembangkan. Sikap kritis, idealis, inovatif, dan semangat juang tinggi merupakan potensi yang dimiliki pemuda. Sehingga dengan adanya organisasi kepemudaan, sikap positif ini akan mendorong kegiatan positif untuk nantinya akan mampu menciptakan generasi penerus pemimpin bangsa yang menjadi regenerasi pemimpin di masa sebelumnya.

#Lassvera | @ZanzaBela | Fanpage : Belazan Kata - Lassvera

0 comments:

Post a Comment