10/25/13

Punten Trenggalek ƪ(˘ڡ˘)ʃ

"PUNTEN"

Sudah cukup mengenal dengan makanan tradisional yang satu ini?
Warnanya putih, padat, biasanya dipotong dadu atau kotak-kotak dan biasa disajikan bersama pecel atau lodeh. Eittss bukan lontong ya. Dari segi rasa, lontong dan punten jauh berbeda. Namun, bahan dasar pembuatannya sama yaitu beras.

Makanan Punten khas Trenggalek ƪ(˘ڡ˘)ʃ
Makanan berkarbohidrat ini tampaknya kurang begitu dikenal oleh daerah lain. Padahal di Trenggalek dan Tulungagung, makanan ini sudah menjadi salah satu keanekaragaman kuliner yang biasa dikonsumsi bagi sebagian masyarakat.

Berhubung ada tugas dari mata kuliah Kewirausahaan, saya berpikir untuk mengangkat makanan ini sebagai ide kewirausahaan. Dan setelah tanya-tanya kepada teman yang ibunya cukup mahir membuat punten, dapat deh resepnya. Untuk pecinta kuliner yang tertarik membuat punten, admin bagi resep puntennya. Silahkan mencoba di rumah ya ƪ(˘ڡ˘)ʃ

Resep Membuat Punten khas Trenggalek
Rasanya gimana ya min?
Hmm... bingung nih menggambarkan rasa, hehehe
Rasanya gurih, seperti nasi uduk namun tekstur makanannya padat. Dan pasti mengenyangkan :)

Gimana min dengan nilai gizi punten?
Wahh ini bukan saya ahlinya untuk membahas masalah gizi.

Tapi berdasarkan informasi dari ibu saya sendiri yang lumayan jago bikin punten dan nasi uduk, dasarnya kedua makanan ini sama baik bahan dan cara pengolahan, selisihnya kalau punten dihaluskan tapi kalau nasi uduk tidak dihaluskan. Kalau untuk berapa nilai gizi, mungkin kandungan gizi punten mirip dengan kandungan gizi yang ada dalam nasi uduk. Semoga sumber dari link ini bisa sedikit memberi gambaran nilai gizinya. Tapi admin kurang paham, apakah tekstur makanan yang padat mempengaruhi nilai gizi atau tidak. Hehehe...

Kalau pembaca sekalian seorang ahli gizi atau memiliki info akurat mengenai nilai gizi punten yang sebenarnya, bisa dikirim ke e-mail admin zanzabela@yahoo.com dan tulisan ini akan diperbarui :)

Belazan Kata - Lassvera | @ZanzaBela | #Lassvera J

0 comments:

Post a Comment