10/1/13

SMAN 1 Karangan, Duta Trenggalek



7 OKTOBER 2013, SMANESKA AKAN TAMPIL DI “JATIM FAIR 2013” GRAND CITY SURABAYA MENAMPILKAN “KOLABORASI LUDRUK & TURONGO YAKSO” DALAM LAKON “SUMINTEN EDAN” 


Keluarga Besar SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK, untuk kesekian kalinya kembali dipercaya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek sebagai Duta Trenggalek dalam event Tingkat Provinsi Jawa Timur. Kali ini sebagai Bintang Tamu dalam event “JATIM FAIR 2013” yang pelaksanaanya di GRAND CITY SURABAYA.

Tahun 2013 merupakan penampilan ke dua kalinya di Grand City Surabaya bagi Group “TURONGGO YAKSO, KRIDO BUDHOYO SMANESKA”, sebelumnya pada bulan Mei tepatnya hari Minggu (19/5/2013) "KRIDO BUDOYO SMANESKA" tampil apik dan sangat memukau di Grand City Surabaya, dalam rangka mengikuti Festifal Tari Tradisional Jatim "MAJAPAHIT TRAVEL FAIR 2013" yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. 

SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK juga dalam 2 (dua) tahun berturut- turut (November 2012 di Magetan & Maret 2013 di Madiun), dipercaya oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk mengisi acara "PERGELARAN SENI PERTUNJUKAN PADANG REMBULAN" dengan menampilkan tari Turonggo Yakso sebagai tarian asli Trenggalek . Pertunjukan Padang Rembulan dapat terselenggara secara kontinyu dan teragenda mulai tahun 2010 sampai dengan 2013 kesempatan ini sekaligus mengawali program kegiatan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam bentuk pertujukan Seni Padang Rembulan dilaksanakan di berbagai kota secara bergiliran. 

Dan pada hari Senin (7/10/2013), SMAN 1 Karangan akan tampil kembali tampil di Grand City Surabaya dalam event “JATIM FAIR 2013” yang akan mengkolaborasikan antara “SENI LUDRUK dari TEATER SIRPONG SMANESKA” dengan “TARI TURONGGO YAKSO KRIDO BUDHOYO SMANESKA”. 

Dalam kolaborasi ini akan menampilkan lakon “SUMINTEN EDAN”, cerita rakyat yang sudah sangat terkenal tentunya, yaitu kisah asmara antara Raden Mas Subroto Putra Bupati Trenggalek dengan Cepluk Putri Warog Suromenggolo dari Ponorogo serta Suminten Putri Warog Siman yang tergila-gila dengan Raden Mas Subroto yang cintanya bertepuk sebelah tangan dan akhirnya Suminten sampai menjadi “EDAN” atau gila. Guna mendukung jalan cerita tersebut di atas akan dilibatkan 19 murid sebagai pemain yang berperan sebagai pemain ludruk dan pemain tari turongo yakso. 

Sumber : Admin Smaneska Trenggalek

(zan) #Lassvera

0 comments:

Post a Comment