10/28/15

Desainer Batik Indonesia

Batik khas Trenggalek yang didesain modern | Photo by Helda Adis | Model : Raras Ayu Prima R.
Batik memiliki sifat luwes dan dinamis, artinya batik selalu berubah, berkembang dan mengikuti perkembangan zaman. Inilah yang membuat batik merupakan heritage yang terus eksis hingga saat ini. Potensi tersebut dapat memposisikan batik sebagai trend fashion dunia. Hal tersebut tak lepas dari peran para desainer yang mampu menciptakan seni berkelas dari kain batik dan memperkenalkannya pada dunia. 

Berikut nama-nama desainer batik Indonesia yang sukses dengan hasil karyanya.

1. Ghea Panggabean
Desainer kelahiran 1955 ini menampilkan etnik khas Indonesia dalam setiap rancangannya. Dikutip dari okezone.com, kendati konsisten mengususng kain Indonesia, Ghea tetap mengikuti perkembangan mode internasional. Menurutnya, meski material yang digunakan tradisional, secara tampilan tetap mengikuti tren.

Di tahun 80-an Ghea membuat gebrakan baru di dunia fashion dengan mengeksplorasi kain lurik dan jumputan. Dengan sentuhan kreatif Ghea, kain jumputan yakni kain tradisional motif ikat-celup (tie dye) hadir lebih menarik dan modern. (tokohindonesia.com)


2. Musa Widyatmodjo
Desainer senior yang memulai kiprahnya di dunia fashion sejak tahun 1991 ini baru saja meluncurkan koleksi ready to wear eksklusif yang ditujukan untuk pria guna memenuhi kebutuhan pria terhadap busana yang memberikan aksentuasi bagi penampilan. Seperti yang dikutip dari situs vemale.com, ciri khas desainer kelahiran 1965 ini adalah selalu mengkombinasikan detail-detal dengan menggunakan tiga kain nusantara, sehingga tidak bisa dicontek.

Untuk rancangan khusus pria ini, Musa memadukan lurik dengan batik, lurik dengan tenun NTT, batik dengan tenun, bahkan ada ‘tabrak’ motif antara lurik, batik dan tenun. Hasilnya, terlihat lebih ekslusif karena padu padan motif dan aplikasinya menghasilkan karya yang eksklusif. (kabarinews.com)

Masih banyak desainer ternama lainnya yang memiliki dedikasi tinggi terhadap batik Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabatik dan tetap cintai batik Indonesia.


Sitasi :
Vemale.com
Kabarinews.com
tokohindonesia.com

Media sosial :
Twitter : @ZanzaBela
Instagram : zanza_bela
Facebook : Zanza Bela

0 comments:

Post a Comment