8/16/18

Pengalaman Casting di TV9 Nusantara


Semalam saya mendapatkan informasi tentang audisi presenter di TV9 Nusantara. Ada 3 kategori yang dicari yaitu news anchor program Jurnal, host program Jurnal Muda dan host program produksi lainnya. Nah, karena TV9 merupakan stasiun TV yang cenderung memberikan tayangan religi bernafaskan NU, ada banyak pertanyaan yang kemudian muncul, seperti "apakah dites tentang pengetahuan NU?", "Apakah diminta untuk membacakan surat-surat dalam Al Qur'an?", dan lain-lain. Baiklah, saya akan membagikan cerita pengalaman saya ketika mengikuti casting di TV9 beberapa waktu lalu.

Di setiap casting, usahakan untuk penampilan menarik from head to toe.  Menarik disini bukan identik dengan make up tebal dan baju blink-blink ya. Tapi berpakaian yang rapi (cocok untuk keperluan tampil di TV). Saya memilih tema baju smart-casual atau formal casual dan natural make up. Ketika memasuki ruang casting, di sana sudah ada beberapa produser yang siap menyaksikan aksi kita. Ketika masuk dan memakai clip on, saya diminta untuk memperkenalkan diri dengan menghadap ke kamera yang sudah standby disana. Setelah itu, produser menanyakan terkait pengalaman saya seperti MC dan pernah siaran dimana saja. Setelah itu produser meminta saya untuk seolah-olah membawakan acara travelling (memang saat itu yang dicari adalah host untuk acara travelling), setelah itu saya diminta untuk membawakan acara off air seperti acara pameran UMKM misalnya. Tidak berhenti sampai disitu, yang terakhir saya diminta untuk memeragakan sebagai host acara dialog atau talkshow.

Memang saat itu casting yang dibuka adalah untuk host program Jatim Vacation (acara travelling), namun tidak menutup kemungkinan dari hasil tes akan ada produser lain yang melirik. Karena di TV9 program acaranya juga banyak.

Setelah mencoba casting tersebut, untuk pertama kali saya diajak program off air yaitu Dapur Sehat bersama KOBE. Ini acaranya di Surabaya dan beberapa kota di sekitarnya. Waktu itu acaranya hanya beberapa episode saja, dan selesai. Saya kira sudah tidak berkesempatan lagi menjadi presenter di sana. Tapi ternyata, beberapa minggu kemudian saya dipercaya untuk menjadi host program Ramadhan dan dialog kesehatan Dokter On Air.

Jadi, untuk teman-teman yang mengikuti casting di TV9, bisa jaga-jaga misalkan diminta untuk seolah-olah membawakan berbagai jenis acara seperti acara off air (pameran, bazar, dll), dialog, news, dll. Jangan lupa sedikit pelajari tentang program acara apa saja yang ada di TV9.

Terima kasih sudah mampir. Sukses selalu!

0 comments:

Post a Comment