3/13/18

Kuliner Solo, Bestik Ayam


Kuliner kedua saya ketika jalan-jalan di Solo adalah Bestik Ayam. Nyam nyam nyam... Sajian rasa yang nikmat, bumbu rempah yang kuat membuat saya tidak menyesal mencicipi makanan ini.


Bestik Solo merupakan makanan khas kota Solo yang diadopasi dari Eropa. Konon kuliner yang satu ini berasal dari kata bieufstuk (bahasa Belanda) atau beefsteak (bahasa Inggris). Cita rasa bestik identik dengan masakan keraton Jawa yang kaya rempah dan manis. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bestik adalah daging sapi cincang, irisan bawang bombay, bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, pala, merica, dan gula merah. Daging sapi ditumis bersama bawang bombay dan bumbu halus lalu dimasukkan kedalam kuah kaldu sampai mendidih, setelah itu disajikan dengan isian bestik berupa tomat, kentang goreng, dan wortel dan tidak lupa ditambah dengan kecap manis agar rasanya semakin mantap.

Kini bestik tidak hanya berasal dari daging sapi tapi juga ada menu bestik ayam, jeroan ayam, lidah sapi, bestik telur dan lain sebagainya.

Kalian dapat menemukan bestik ini di Sumber Bestik Pak Darmo. Salahsatu warung bestik yang biasa dikunjungi oleh Presiden Jokowi waktu pulang ke kampung halaman ini buka mulai pukul 18.30 - 24.00 WIB.

Nikmati bestiknya sambil diiringi alunan musik keroncong. Hmmm pokoke nyamleng tenan!

Sumber: Akun Muda Sabudarta Indonesia

Terima kasih telah berkunjung.

0 comments:

Post a Comment